Kamis, 21 Januari 2010

IKIP Mataram Wisuda Gelombang Pertama…!?


Sabtu tanggal 10 Oktober 2009 kemarin ,663 orang mahasiswa IKIP mataram diwisuda. Dengan diwisudanya mahasiswa-mahasiswa tersebut maka secara otomatis maka jumlah mahasiswa IKIP akan berkurang, namun pengurangan tersebut tidakah terlalu berpengaruh terhadap membludaknya mahasiswa yang terhitung masih aktif mengikuti perkuliahan ditambah lagi dengan mahasiswa baru tahun ini yang membeludak.

Di atas tanah seluas ± empat hektar tersebut mahasiswa IKIP Mataram melakukan kegiatan belajar mengajarnya setiap hari, di tambah lagi dengan mayoritas mahasiswa yang memiliki motor,maka luas tanah empat hektar rasanya tidaklah cukup menampung mahasiswa-mahasiswanya, belum lagi jumlah dosen dan tentunya memiliki mobil dan motor,maka sangatlah lumrah kalo macet dan membludaknya tempat parker serta penuhnya jalan di seputaran IKIP selalu padat menjadi pemandangan sehari-hari.

Beberapa bulan yang lalu IKIP mataram menerima mahasiswa baru,dan IKIP tentu saja akan bertamabah mahasiswanya,permasalahan lama belum bisa ditangani maka bukan tidak mungkin permasalahan baru akan muncul lagi,kasus-kasus perebutan kelas akan menjadi permasalahan klasik yang turun temurun akan selalu dialami oleh mahasiswa setiap semester . tampaknya akan selalu menjadi hal yang lumrah dan menjadi budaya di kampus Pendidik ini.
Proses perkuliahan di kampus IKIP mataram sesuai jadwal kalender akademik kurang lebih 3 bulan berjalan, namun kenyataan dilapangan proses perkuliahannya belum aktif, berikut wawancara kami dengan salah satu mahasiswa jurusan Fisika semester V, yang bernama L. Bambang Supriadi, apakah proses perkulihannya anda sudah aktif…?’, jawabanya adalah sampai pada saat (sejak terbitnya tulisan ini 16/10) dosenya baru satu yang masuk kuliah, setelah ditanyakan dosen yang lainnya jawabannya wallahualam bissawab terangnya. Sungguh ironis sekali padahal kampus tetangga UNRAM 2 pekan lagi mereka MID semester, namun dikampus kita IKIP mataram ini baru mulai. Akankah keadaan demikian berakhir…!, permasalahan lama belum selesai lantas kemudian muncul masalah-masalah baru Saudara/I Q, sadarlah bahwa kewajiban anda semua sudah selesai sekarang saatnya menuntut hak anda...

by, Mansur Amriatul

5 komentar: